Mengatasi sakit pada anak ketika tumbuh gigi

Melihat tumbuh kembang buah hati merupakan pengalaman yang menarik sekaligus menyenangkan. Tetapi pada masa pertumbuhan itu, ada kalanya buah hati menghadapi kendala berupa rasa sakit. Salah satunya adalah dalam masa tumbuh gigi. Pada masa itu, buah hati Anda bisa mengalami rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Jika gigi si Kecil mulai tumbuh, rasa sakit pada gusi yang dirasakan anak mungkin akan membuat Anda tetap terjaga sepanjang malam. Gigi bayi mulai tumbuh di usia yang beragam, biasanya pada usia 6 bulan. Gigi pertama yang muncul biasanya adalah dua gigi bawah depan, lalu diikuti dengan dua gigi depan atas. Tumbuhnya gigi pada bayi biasanya ditandai dengan bayi sering meneteskan air liur, mengunyah atau menggigit-gigit benda-benda padat atau keras, bayi mudah tersinggung atau gelisah, dan adanya rasa sakit pada gusi. Selain itu, banyak orang tua yang berpendapat bahwa tumbuhnya gigi pada anak juga dapat menyebabkan demam dan diare, namun para peneliti menyebutkan hal tersebut tidaklah benar. Tumbuh gigi ini akan menimbulkan gejala hanya pada bagian mulut dan gusi, dan tidak mempengaruhi bagian tubuh lainnya.

Lupakan jeritan-jeritan saat tidur di malam hari dengan memilih satu diantara metode-metode berikut. Inilah 8 cara yang dapat dilakukan untuk mengobati sakit karena bayi sedang tumbuh gigi yaitu:

1. Memijat gusi
Memijat gusi adalah ide sempurna untuk mengobati sakit tumbuh gigi pada bayi dengan aman. Caranya ialah dengan menggunakan jari untuk memijat gusi buah hati. Tidak perlu menekannya terlalu keras, cukup pijat dengan lembut dan perlahan. Satu hal yang harus diingat ialah memastikan jari-jari yang digunakan untuk memijat telah benar-benar bersih dan steril. Cara ini dapat meredakan rasa sakit yang dialami buah hati.

2. Memberikan teether dingin
Saat bayi tumbuh gigi, ia bisa sejenak melupakan rasa tidak nyaman akibat pertumbuhan itu dengan menggigit-gigit sesuatu. Teether atau minan gigitan bayi yang dingin adalah pilihan yang tepat. Meski dingin dapat memberikan rasa nyaman, jangan meletakkan teether dalam freezer karena itu justru menimbulkan ketidaknyamanan. Hal lain yang harus diingat ialah dengan mensterilisasi mainan gigitan agar aman digigit bayi.

3. Menggunakan kain basah yang dingin
Kain basah yang dingin atau atau kain yang dicuci dengan air dingin adalah salah satu media yang dapat digunakan untuk meredakan rasa tidak nyaman karena gigi anak sedang tumbuh. Cara ini dapat membuat bayi lebih nayaman ketika mengunyah. Sebab dingin akan membuat daerah tumbuh gigi mati rasa sehingga bayi akan merasa lebih nyaman.

4. Memberi makanan dingin
Memberikan makanan dingin pada bayi yang sedang tumbuh gigi akan menjadi salah satu cara sempurna untuk mengobati sakit karena tumbuh gigi. Cara ini juga bekerja dengan baik pada bayi yang telah mengonsumsi makanan padat. Untuk meredakan rasa sakit buah hati, pastikan memberinya makanan dingin, bukan makanan beku.

5. Memberikan teether yang lembut
Ada banyak jenis teether atau mainan gigitan yang tersedia di pasaran. Mainan-maian itu dapat digunakan untuk meredakan nyeri yang dialami bayi. Pilihlah mainan gigitan yang berkualitas baik, yakni yang sangat lembut dan bisa dicuci dengan mesin.

6. Memberikan teether karet
Bayi selalu berkecenderungan untuk menggigit-gigit mainan mereka. Teether atau gigitan yang terbuat dari karet akan membuat bayi Anda tetap sibuk sehingga mengabaikan nyeri yang dirasakannya. Cara ini merupakan salah satu solusi terbaik untuk bayi Anda.

7. Memberikan teether berisi air
Di pasaran, ada berbagai jenis teether atau mainan gigitan bayi yang teredia. Ada yang terbuat dari karet, aja juga yang berisi air di dalamnya. Memberikan bayi teether berisi air merupakan salah satu cara yang ampuh untuk menghindarkan bayi Anda dari rewel karena kesakitan. Selain itu, gigitan jenis ini juga cukup lembut untuk gusi bayi.

Ada berbagai jenis obat yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit karena tumbuh gigi. Obat-obat tersebut biasanya cukup manjur. Poin terpenting yang harus diingat sebelum menggunakan obat-obat itu adalah untuk meminta saran dari dokter terlebih dahulu.


Demikianlah tips cara mengatasi sakit pada si kecil ketika tumbuh gigi, setelah mengetahuinya semoga kita tidak panik lagi bahkan sampai tidak tidur semalaman.

1 komentar:

  1. Ijin ninggalin jejak Bos...
    http://vinatoysjogja.blogspot.com
    Toko Mainan Anak Terlengkap di Jogja

    ReplyDelete