Tips mencegah penyakit pneumonia pada anak

Penyakit pneumonia pada anak adalah suatu penyakit radang paru yang menyerang anak yang disebabkan oleh kuman seperti virus, bakteri, jamur ataupun benda asing yang masuk ke dalam saluran pernafasan. Pneumonia atau radang paru-paru merupakan infeksi yang ditandai dengan mengumpulnya cairan dalam kantong udara, sehingga pergantian udara terganggu.

Gejala umum yang ditunjukkan adalah demam, batuk, dan sesak nafas. Anak yang terserang pneumonia terlihat sakit keras, sesak nafas, batuk-batuk, panas dingin, dan hidungnya kembang kempis. Pada umumnya dada terasa sakit dan ludahnya kadangkala berwarna merah cokelat. Suhu badannya tinggi, sehingga adakalanya anak dapat kejang-kejang. Bila anak Anda menunjukkan gejala-gejala tersebut, janganlah ragu untuk memeriksakan ke dokter.

Deteksi dini dapat diupayakan sendiri  yakni dengan cara menghitung frekuensi nafas per menit. Apabila frekuensinya di atas angka normal, berarti anak mengalami sesak nafas. Frekuensi normal yang bisa digunakan sebagai patokan sebagai berikut :
  • Bayi usia 0-28 hari atau sebulan (bayi neonatus) batas frekuensi tarikan napasnya adalah 60 kali atau lebih sedikit setiap menit
  • Anak usia sebulan sampai setahun, batas frekuensi tarikan napasnya adalah 50-60 tarikan nafas per menit
  • Anak di atas 12 bulan batas frekuensi tarikan napasnya adalah 40-50 tarikan nafas per menit
  • Sedangkan untuk orang dewasa batas frekuensi tarikan napasnya sampai 20 tarikan nafas per menit

Lalu bagaimana cara mencegah pneumonia pada anak? Ada beberapa hal yang harus kita lakukan agar pneumonia tidak menyerang pada anak kita, diantaranya yaitu :
  • Pada usia 6 bulan pertama, berilah ASI eksklusif guna menjaga daya tahan tubuh bayi
  • Imunisasi lengkap, minimal selama usia pada usia satu tahun pertama
  • Berikanlah asupan makanan yang memenuhi kebutuhan gizi anak, karena dengan asupan gizi yang baik, anak tidak akan mudah terserang penyakit
  • Senantiasa menjaga kebersihan rumah dan lingkungan di sekitar kita
  • Membiasakan anak dengan perilaku hidup bersih dan sehat, seperti mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir sebelum makan, mengawasi anak dalam membeli jajanan makanan agar tidak sembarangan jajan makanan yang mengandung zat  berbahaya.


Demikian tadi ulasan kita kali ini tentang Tips Penting Mencegah Pneumonia Pada Anak. Kesehatan anak sangatlah penting, dengan melakukan langkah-langkah pencegahan di atas, kita bisa menghindarkan penyakit  pneumonia pada anak.  Sehat atau sakitkah pilihan anda? Semua itu tergantung pada kita sebagai orangtuanya. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment