Cara mengatasi demam pada anak

Demam sangat sering menyerang anak – anak, demam dapat segera menghilang dengan sendirinya, oleh karena itu kita tak perlu panik jika si kecil demam. Sebuah penelitian terbaru oleh Persatuan Dokter Anak Amerika melaporkan bahwa orangtua sebaiknya berkonsentrasi untuk membuat anak merasa nyaman ketika demam dibanding menurunkan suhu tubuhnya. Karena penyebab demam bisa beragam, usaha menurunkan panas juga bisa memperlambat kesembuhan.

Demam bukanlah sebuah penyakit tetapi cara tubuh memberitahu bahwa anak terkena infeksi, bertambahnya suhu tubuh merupakan reaksi alamiah untuk memperlambat pertumbuhan bakteri maupun virus. Kita tak perlu panik jika saat demam anak menggigil karena tubuh akan mendinginkan diri dengan melebarkan pembuluh darah sehingga panas dapat keluar melalui kulit atu keringat.

Hal yang dapat orang tua lakukan adalah memperhatikan berapa tinggi suhu panasnya, perhatikan juga gejala lain yang menyertai demam si kecil, Selain itu cobalah ikuti panduan sederhana pada saat anak demam berikut ini ;
  1. Kenakaan Si Kecil Pakaian Yang Nyaman, jangan berikan anak yang sedang demam dengan pakaian yang tebal hal ini bisa menaikan suhu tubuhnya, berikan ia selimut tipis untuk menghangatkannya, matikan pendingin ruangan.
  2. Biarkan Si Kecil Tidur Dan Beristirahat, tidur dan beristirahat sangat di perlukan saat tubuh melawan infeksi. Walaupun Anda berharap ia minum obat, tunggu saja saat ia terbangun meskipun jadwal pemberian obat penurun panas sudah berlalu.
  3. Berikan Cukup Minum, anak yang demam cenderung berkeringat, jadi berikan ia banyak air putih agar terhindar dari dehidrasi.
  4. Berikan Obat Penurun Demam, pilihlah obat penurun demam yang aman untuk anak dengan dosis yang tepat, pilih obat dengan rasayang di sukai anak, dan jangan memilih obat penurun demam yang mengandung alcohol atau pewarna.
  5. Segera Membawa Si Kecil Ke Dokter, kapan? Jika si kecil berusia kurang dari 3 bulan, demam berlangsung  lebih dari tiga hari, suhu anak meningkat sampai 40ยบ C, anak menunjukkan gejala seperti: ruam kulit, sesak nafas, kejang-kejang, kram, diare, muntah, dll. Lebih cepat membawa si kecil ke dokter akan lebih baik, karena Dokter akan memberikan saran yang tepat sesuai dengan kondisi anak Anda.


Demikianlah tadi ulasan kita tentang Panduan Sederhana Mengatasi Anak Demam. Semoga tadi bisa memberikan informasi dan menambah wawasan khususnya bagi kita para orang tua. Semoga bermanfaat, terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment