Obesitas pada anak

Bila Anda mendengar kata obesitas, apa yang akan muncul di benak Anda? Tentunya kita membayangkan tubuh gemuk dan tambun. Memang, ciri tersebut adalah ciri umum yang ditemui pada penderita obesitas.

Alasan kita menggunakan kata penderita disini, karena obesitas sendiri adalah penyakit. Bahkan, obesitas dikatakan sebagai ibu dari berbagai macam penyakit. Sebut saja diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung semuanya berasal dari masalah obesitas ini.
Obesitas tidak hanya menyerang orang dewasa, anak-anak pun dapat mengalami masalah ini. Sayangnya, banyak orang tua bangga karena anaknya bertubuh gemuk. Akan tetapi, dibalik semua itu, banyak masalah kesehatan dan psikologis yang dapat dialami sang anak, yang tentunya dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Obesitas sendiri dibedakan menjadi banyak tipe. Tipe terparah disebut morbid obesity. Bila anak Anda mengalami masalah tipe ini, maka Anda harus berhati-hati. Karena, peluang terjadinya gangguan kesehatan lainnya menjadi lebih besar. Terdapat pula penelitian yang mengatakan bahwa, obesitas akan lebih baik terjadi, saat Anda dewasa daripada saat Anda masih anak-anak.Mengapa? Bila masalah obesitas terjadi pada anak-anak, dan obesitas menimbulkan gangguan kesehatan lainnya, seperti gangguan jantung dan diabetes, maka masalah kesehatan ini akan terbawa sampai anak tersebut tumbuh dewasa. Sehingga, hal ini akan menghambat perkembangan mereka.

Penyebab Obesitas Anak
Obesitas pada anak disebabkan oleh banyak hal. Tetapi, banyak orang mengatakan masalah ini disebabkan oleh faktor genetik. Bila orang tua mereka juga mengalami obesitas, maka ada peluang anak mereka juga akan mengalami obesitas. Akan tetapi, kita tidak dapat menyalahkan faktor DNA untuk hal ini.Obesitas pada orang dewasa sendiri dapat diatasi dengan hidup sehat. Oleh karena itu, gaya hidup tidak sehat dari orang tua yang menyebabkan mereka mengalami obesitas, dapat dikatakan sebagai tersangka utama.

Seperti yang kita semua tahu, anak adalah peniru terhebat. Jadi, bila mereka melihat orang tua mereka menjalankan gaya hidup tidak sehat, sang orang tua memakan junk food, tidak pernah berolahraga, dan lainnya, maka mereka pasti akan menirunya.

Cara Mengatasi Obesitas Anak
Yang pertama yang perlu diperhatikan adalah apa yang mereka konsumsi. Ganti makanan manis dan yang berbahan pengawet dengan makanan yang lebih sehat, seperti sayur dan buah. Ingat, Anda tidak boleh mengurangi porsi makanan anak, karena anak membutuhkan kalori jauh lebih banyak daripada orang dewasa.

Hal ini dikarenakan otak mereka sedang berada pada tahap sangat aktif. Dan, kalori yang kita konsumsi sebagian besar digunakan oleh otak. Selain itu, ajak mereka beraktivitas fisik, seperti olahraga, bermain kejar-kejaran dan lainnya.


Pada dasarnya, bila Anda ingin mengatasi masalah obesitas pada anak Anda, yang pertama harus berubah adalah Anda, sebagai orang tua. Jalankan hidup sehat, maka anak Anda akan terbiasa dengan hidup sehat ini. Dan, masalah obesitas mereka akan terpecahkan.

0 komentar:

Post a Comment