Mengatasi sariawan pada anak

Mengatasi sariawan pada anak - Sariawan pada anak sering terdapat pada lidah, bibir atau gusi. Dampaknya pada anak secara langsung adalah sulit makan, mengeluh kesakitan jika minum air hangat, dan malas mengoceh. Langit-langit sekitar gigi depan kadangkala lecet dan menjadi sariawan karena gesekan dengan puting susu ibu atau karena jari-jari yang masuk ke mulut ketika hendak melepaskan isapannya.

Para ibu sulit melihat tanda-tanda sariawan pada bayi karena ia belum bisa berkomunikasi secara verbal, sehingga ia tidak bisa menyebutkan dengan jelas rasa sakitnya. Pada umumnya gejala yang muncul adalah suhu badan meninggi, bayi pun banyak mengeluarkan air liur lebih dari biasanya. Sedangkan sariawan pada anak balita lebih mudah terdeteksi karena ia sudah bisa mengungkapkan apa yang ia rasakan.

Sebenarnya sariawan pada anak bisa sembuh dengan sendirinya seperti sariawan herpetik. Namun, sariawan karena jamur harus diobati dengan obat anti jamur. Seringkali penyembuhan memakan waktu sekitar seminggu. apabila sariawan tidak diobati maka bisa berkelanjutan. Tindakan penanganan yang benar adalah saat memberi makan, seyogyanya suapi dengan makanan yang lembut dan  secara perlaha-lahan. Prinsipnya makanan mudah ditelan. Usahakan memberi minum lewat gelas, bukan dengan botol. Buah-buahan dan sayuran hijau dapat mempercepat proses penyembuhan. Penyebab sariawan pada anak lebih banyak karena daya tahan tubuhnya rendah serta kebersihan mulut dan gigi tak terjaga. Janganlah pernah bosan melatih anak untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan giginya.

Obat tradisional sariawan memang sejak dulu selalu digunakan oleh para orangtua untuk mengobati sariawan pada anak. Berikut adalah racikan obat tradisional sariawan :Siapkan adas 3/4 sendok teh, ketumbar 3/4 sendok teh, daun iler 1/5 genggam, daun saga 1/4 genggam, sisik naga 1/5 genggam, daun sembung 1/4 genggam, pegagan 1/4 genggam, daun kentut 1/6 genggam, pulosari 3/4 jari, rimpang lempuyang wangi 1/2 jari, rimpang kunyit 1/2 jari, kayu manis 3/4 jari dan gula merah 3 jari. Cuci kemudian dipotong-potong seperlunya.

Semua bahan di atas direbus dengan 4 1/2 gelas air bersih hingga tersisa separuhnya. Kemudian di dinginkan, lalu saring dan siap untuk diminum. Untuk dewasa minum sehari 3 kali, setiap kali minum cukup 3/4 gelas. Untuk balita secukupnya.

Alangkah senangnya bila anak sembuh dari sariawan dan doyan makan kembali dengan lahap. Semoga ulasan kita kali ini tentang Cara Mengobati Sariawan Pada Anak Dengan Obat Tradisional bisa memberikan informasi dan menambah wawasan. Semoga bermanfaat, Terimakasih. Cintai-anak anda !!!

0 komentar:

Post a Comment