Cara menyusui anak yang benar

Menyusui adalah hal terindah bagi para ibu, suatu anugerah yang sangat besar dari yang Maha Kuasa. Dengan menyusui, ikatan batin antara ibu dan anak akan semakin besar. Dengan menyusui, ibu tidak perlu menggunakan kontrasepsi. Dan dengan menyusui, proses penyembuhan rahim setelah melahirkan, akan lebih cepat. Namun, saat menyusui sering didapati keluhan berupa bengkak pada payudara, ASI tidak keluar, lecet pada putting dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan cara menyusui yang tidak tepat.

Sebelum dan saat menyusui, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh ibu. Sebelum seorang menyusui, harus mempersiapkan mental serta fisik. Minum air putih dan makan terlebih dahulu, hendaknya sang ibu jangan menyusui dalam keadaan lapar dan haus. Setelah itu, siapkan tempat yang nyaman bagi ibu dan bayi. Setelah menyiapkan diri dan tempat, cuci bersih dulu tangan sebelum menggendong bayi. Setelah itu, lepaskan penutup payudara pada kedua sisinya.

Posisi memegang bayi juga harus diperhatikan. Cara menyangga bayi yang benar adalah menggunakan lengan bawah, untuk menyangga bayi secara lurus dari kepala hingga pantat bayi. Saat akan memulai menyusui, sebaiknya tekan daerah areola diantara kedua jari, kemudian jika keluar ASI, oleskan di putting dan sekitarnya. Kemudian letakkan putting susu pada bibir bayi, biarkan seluruh putting dan areola masuk ke dalam mulut bayi, yang terbaik adalah bibir bawah bayi menutupi sebagian areola, dan dagu bayi menempel pada payudara ibu.  Salah satu cara mengetahui apakah posisi menyusui sudah benar adalah, putting tidak terasa sakit, jika sampai lecet,artinya tekhnik menyusui belum benar.

Jangan menjadwalkan pemberian ASI, susukan bayi setiap ia membutuhkannya. Biasanya kebutuhan menyusui setiap 2-3 jam. Pemberian ASI juga harus bergantian antara kedua belah payudara. Selalulah memulai pemberian ASI pada payudara yang sebelumnya dugunakan untuk menyusui.
Setelah selesai menyusui, letakkan kelingking pada bibir bawah bayi, perlahan-lahan tarik putting keluar. Kemudian oleskan sisa ASI pada putting dan sekitarnya, biarkan kering. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelembaban putting dan mencegah lecet.

Demikianlah tadi tips Cara Menyusui Yang Benar. Semoga dapat memberikan informasi dan menambah wawasan. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment