Atasi Anak Manja Dengan 10 Cara Ini

Atasi Anak Manja Dengan 10 Cara Ini - Sifat manja atau ingin diperhatikan normal pada si buah hati. Mereka belum bisa mandiri sehingga tingkat ketergantunganya pada ayah bunda sangat tinggi. Perhatian, waktu, dan kasih sayang dari orang tua membuat si kecil merasa aman dan dicintai. Namun ahli perkembangan anak sepakat jika si buah hati terlalu dimanja, tanpa dididik untuk disiplin dan mengendalikan keinginanya, maka dapat menimbulkan sifat tidak mandiri, manja, dan tidak mau mengalah.

Apakah anda memiliki ratu atau raja kecil di rumah yang merasa layak mendapatkan kemewahan dan hak istimewa? Apakah dia hanya memikirkan diri sendiri? Anak manja biasanya tidak bisa menerima penolakan, menuntut agar keinginannya segera dipenuhi, ingin selalu senang, tidak pernah puas, dan hanya memikirkan diri sendiri. Cara paling efektif untuk menghentikan sifat egois dan manja adalah berhenti menuruti setiap rengekan mereka, dan menunjukkan cara menghargai perasaan dan kebutuhan orang lain. Memang, untuk mengatasi sifat anak yang semacam ini dibutuhkan kesabaran, energi, ketabahan, dan konsistensi.

Anak yang manja biasanya akan sangat tergantung dari objek lekatnya. Anak manja biasanya ketika menjelang usia satu tahun kemanjaan tersebut mulai muncul, usia puncak manja pun muncul pada fase usia TK, saat anak dituntut untuk dapat bersikap mandiri dan disiplin, di usia TK anak mulai dipisahkan dari objek lekatnya untuk beberapa saat.

Adapun penyebab anak menjadi manja dikarenakan:
  • Anda memanjakan anak karena merasa bersalah akan suatu hal, misalnya Anda tidak menghabiskan cukup banyak waktu bersama mereka, dsb.
  • Anda ingin anak Anda memiliki masa kecil yang “lebih baik” dibanding masa kecil Anda.
  • Anda hidup dalam lingkungan yang kompetitif, sehingga Anda merasa bahwa anak harus mendapatkan yang “lebih baik” daripada teman-teman di lingkungannya.
  • Anda atau orang lain dalam keluarga Anda tanpa sengaja memberikan contoh sikap egois dan manja sehingga anak menirunya.
  • Anak Anda merasa cemburu terhadap pasangan Anda atau terhadap saudaranya, atau dia memang haus akan cinta dan penerimaan Anda.
  • Anak Anda belum diajarkan tentang ego dan bagaimana bertindak tanpa mengedepankan ego.
  • Anak Anda kesulitan memahami emosi orang lain.
  • Anak Anda menderita kecemasan atau depresi, atau masalah lain yang membuatnya sulit untuk memikirkan orang lain.
  • Anda tidak disiplin dalam menerapkan aturan-aturan dan batasan-batasan perilaku dalam keluarga Anda.
  • Ada pikiran, bahwa karena Anda memiliki banyak uang, sehingga menurut anda, “Mengapa tidak membesarkan anak dengan istimewa?”

Adapun cara mengatasi anak yang manja secara berlebihan (manja yang sampai menganggu kemandirian anak) yaitu:
  1. Usahakan tidak memberikan pola asuh yang berpusat pada sikap permisif, jika menarapkan sikap asuh yang permisif maka dapat menciptkan anak yang manja.
  2. Ketika anak menuntut segala sesuatu yang berlebihan dan anda (orangtua) justru diatur dan dikondisikan oleh anak maka sebaiknya anak tidak dijadikan sebagai pusat perhatian.
  3. Libatkan anak pada kegiatan social, usaha ini dilakukan agar anak dapat banyak melihat, belajar dan berinteraksi lebih luas. Jadi tidak selamanya anak terpusat untuk menjadi pusat pehatian.
  4. Ketika anak menunjukan sikap manjanya maka orangtua atau pendidik dapat mengalihkan perhatian anak pada hal atau kegiatan yang disukai anak.
  5. Beri kesemapatan akan untuk bermain bersama anak-anak lain, ini untuk menimbulkan sikap pengertian dan berbagi, sehingga anak memiliki kedewasaan dalam bersikap.
  6. Orang tua selalu memberi contoh atau teladan perilaku saling kerjasama (gotongroyong atau saling menolong dihadapan anak)
  7. Beri sentuhan fisik kasih saying (pelukan, ciuman, belaian) pada anak untuk menenangkan sikap anak yang memunculkan kemanjaannya.
  8. Ketika akan memasukan anak kesekolah baru atau situasi baru, maka sikap orangtua adalah bersama anak dulu untuk beberapa saat, ajak anak bermain dahulu, hal ini untuk mengalihkan perhatian anak sebelum berpamitan meninggalkan atau berpisah dengan anak.
  9. Berilah kalimat untuk menyakinkan anak dan menenangkan anak jika dalam situasi anak merasa sulit (manja)
  10. Beri semangat dan motivasi selalu pada anak dan beri waktu untuk anak ketika memunculkan perilaku manjanya tersebut. Dalam hal ini orangtua butuh kesabaran dalam menghadapi ananda.
Demikianlah 10 cara mengatasi anak manja bagi orang tua yang mempunyai si buah hati yang mempunyai sifat manja. Cintai-anak anda !!!


1 komentar:

  1. Ijin ninggalin jejak Bos...
    http://vinatoysjogja.blogspot.com
    Toko Mainan Anak Terlengkap di Jogja

    ReplyDelete