Manfaat dahsyat ubi jalar untuk pertumbuhan anak

Manfaat dahsyat ubi jalar untuk pertumbuhan anak - Sebagai orang tua, Anda pasti akan memberikan asupan yang kaya akan nutrisi untuk si kecil. Menyiapkan makanan yang mencukupi kebutuhan nutrisi apalagi saat dia dalam tahap pertumbuhan. Apabila selama ini kita berfikiran makanan yang bernutrisi tinggi buat si kecil adalah makanan yang mahal-mahal, mulai sekarang kita harus melupakan itu. Karena ubi jalar ternyata juga memiliki nutrisi tinggi yang juga diperlukan dalam pertumbuhan si kecil. Oleh karenanya, kita perlu juga memasukkan ubi jalar ke daftar menu makansehari-hari buah hati kita.

Ubi jalar adalah makanan sangat kaya akan serat. Taukah Anda, ternyata ubi jalar adalah salah satu makanan yang paling bergizi di dunia. Mengapa seperti itu?

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan oleh Komisi Sweet Potato North Carolina, dari 58 jenis sayuran yang diteliti, ditemukan bahwa ubi jalar adalah termasuk makanan dalam daftar terbaik. Ubi jalar adalah makanan manis yang bebas lemak, namun ia mengandung 769% dari kebutuhan harian vitamin A dan 65% vitamin C dalam satu porsi (sekitar satu cangkir).

Ubi jalar aman dikonsumsi oleh hampir oleh semua usia, bahkan untuk bayi yang sudah diatas 6 bulan. Kandungan serat yang tinggi dalam ubi jalar akan membantu pencernaan awal sebagai transisi peralihan ke makanan padat. Ubi jalar sangat dikenal mengandung jumlah tinggi beta karoten, yang merupakan antioksidan alami yang membantu meningkatkan ketahanan tubuh dari radikal bebas dan penyakit. Ubi jalar juga mengandung Vitamin C, Vitamin B dan fosfor dalam jumlah yang cukup tinggi, sehingga juga ampuh untuk melawan infeksi. Bahkan makanan ini juga dimasukkan sebagai salah satu makanan terbaik yang dianjurkan bagi ibu hamil.

Berdasarkan RDA, nutrisi tertinggi dari ubi jalar adalah vitamin A yang mencapai 14.187 IU. Ini berarti hampir sama dengan vitamin A dalam wortel yaitu yang berjumlah 16.706 IU vdengan berat yang 100 gr. Ubi jalar juga mengandung tinggi magnesium, seng dan vitamin B, sebuah kombinasi nutrisi yang telah terbukti bermanfaat membantu penyembuhan dan mengurangi rasa sakit karena radang sendi dan pembengkakan. Ubi jalar juga terdaftar sebagai makanan yang baik untuk mengurangi gejala sakit secara efektif pada penderita arthritis.

Berikut ini adalah manfaat ubi jalar untuk kesehatan buah hati Anda :

Kalori yang tinggi
Bayi tentu membutuhkan banyak kalori untuk masa pertumbuhan dan perkembangannya. Kalori yang tinggi dapat Anda temukan dalam ubi jalar di mana dalam satu sajian terdapat sebanyak 90 kalori.

Sumber zat besi
Tak hanya orang dewasa, bayi dan balita juga rentan mengalami anemia. Karenanya, Anda bisa memberikan ubi jalar yang mengandung zat besi untuk mencegah anemia dan meningkatkan sel darah putih. Selain itu, ubi jalar juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.

Kaya akan vitamin D
Sama halnya dengan vitamin C, bayi dan balita membutuhkan asupan vitamin D untuk pertumbuhan tulang dan gigi mereka. Parahnya, belakangan ini ditemukan banyak anak kecil yang kekurangan asupan vitamin D. Di samping itu, vitamin D yang bisa Anda temukan dalam ubi jalar juga dapat meningkatkan energi si kecil.

Meningkatkan sistem imun
Kandungan vitamin C dalam ubi jalar dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh buah hati Anda. Vitamin C dalam ubi jalar memiliki antioksidan alami yang sangat bermanfaat untuk mencegah masuknya penyakit ke dalam tubuh. Apalagi, usia bayi yang masih sangat rentan terhadap serangan penyakit.

Itulah beberapa manfaat dahsyat ubi jalar untuk pertumbuhan anak. Dengan menambahkan ubi jalar dalam menu makan sehari-hari untuk anak kita, maka kesehatan dan pertumbuhan anak kita semakin terjaga dan terhindar dari penyakit yang dapat mengganggu masa pertumbuhannya. Cintai-anak anda !!!

0 komentar:

Post a Comment