Mengobati radang tenggorokan pada anak secara tradisional

Mengobati radang tenggorokan pada anak secara tradisional - Radang tenggorokan adalah penyakit yang biasa terjadi di musim kemarau. Cuaca panas ditambah debu yang beterbangan di sana sini bisa menyebabkan daya tahan anak menurun dan menderita radang tenggorokan. Penyakit radang tenggorokan merupakan suatu kondisi yang muncnul akibat dari suatu invansi bakteri atau juga serangan virus. Namun tidak sampai membahayakan kondisi dari nyawa si pasien. Radang tenggorokan tidak bisa dideteksi oleh pasien sendiri, karena banyaknya faktor pemicu yang bisa mengakibatkan tenggorokan terasa gatal-gatal dan juga mengalami kesulitan disaat hendak sedang menelan makanan, dan hanya dokter saja yang bisa memberikan kesimpulan jika radang tenggorokan tadi diakibatkan karena adanya serangan invasi bakteri streptokokus atau juga bisa disebabkan karena virus biasa. Oleh sebab itulah, sebelum Anda minum obat antibiotik yang bisa membantu mengatasi radang tenggorokan, dimana sebenarnya tidak diperlukan jika radang tenggorokan yang penyebabnya adalah karena virus, maka sangat dianjurkan untuk mengatasi radang tenggorokan dengan cara mengonsumsi obat radang tenggorokan alami sebagai langkah awal untuk penyembuhan.

Radang tenggorokan dan infeksi amandel memang banyak dialami anak-anak usia sekolah. Sekitar 85% radang tenggorokan pada anak disebabkan infeksi virus batuk-pilek atau virus lain. Penyebab lainnya adalah alergi dan bakteri streptokokus grup A atau bakteri lain.

Dalam melakukan pengobatan pada penyakit radang tenggorokan pada anak tidak boleh sembarangan. Apalagi menggunakan obat antibiotik. Mengunakan antibiotik dengan sembarangan saja saja kita mengembangbiakan bakteri, yang pastinya nanti keganasannya tidak bisa lagi kita lawan. Oleh sebab itulah, gunakanlah obat antiseptik yang aman bagi anak dan juga keluarga kita.

Penyakit radang tenggorokan pada anak biasanya ditandai dengan tonsil aktai amandel dan juga radang tenggorokan, selain itu juga bisa menimbulkan rasa nyeri dan gatal gatal, mengalami kesulitan menelan makanan, dan kadang juga disertai dengan munculnya demam serta batuk pilek. Jika mengalami infeksi sterptokokus, kemungkinan anak-anak akan mengalami demam rendah, hilangnya nafsu makan, dan juga pembesaran pada kelenjar.

Penyakit radang amandel pada anak bisa menular jika disebabkan karena virus, selain itu perpindahan virus yang bisa terjadi lewat percikan dari air liur si penderita yang berada pada sekeliling kita. Dan bakteri bisa saja masuk ke dalam tenggorokan lewat makanan, alat makan, dan juga lewat tangan yang kotor.

Cara merawat radang tenggorokan pada balita adalah dengan mengajarkan mereka banyak minum. Minuman yang hangat akan membantu memberikan rasa nyaman ditenggorokan. Dan jika anak demam atau juga merasa kurang nyaman, maka Anda bisa memberikan parasetamol. Dan jika hidungnya tersumbat, maka berikanlah obat tetes hidung NaCl serta bisa menghirup uap air hangat. Pengobatan yang dilakukan dengan pemberian obat antibiotika biasanya hanya dibutuhkan jika penyebab radang adalah karena bakteri sterptokokus atau juga bakteri yang lain serta tidak untuk membantu mengatasi virus.

Adapun Obat radang tenggorokan pada ballita alami adalah :

Cuka apel
Cuka apel yang secara alami membantu untuk membunuh bakteri yang bisa menimbulkan masalah radang tenggorokan. Cukup hanya dengan menambahkan 2 sendok makan cuka apel dan juga satu sendok madu ke dalam setengah gelas air. Dan supaya obat alami radang tenggorokan pada balita ini bisa lebih manjur, maka Anda bisa menambahkan sedikit bubuk cayenne ke dalamnya dan aduklah obat dengan merata. Minumlah obat ini secara alami 2 kali sehari, atau juga cukup dengan minum air yang sudah ditambahkan dengan cuka apel saja.

Jahe
Obat radang tenggorkan pada balita selanjutnya adalah jahe. Anda bisa membuat jahe sebagai minuman atau juga sebagai camilan sehat dari bahan dasar jahe, dan sesuaikan saja dengan selera anak anda. Atau Anda bisa membuatnya menjadi ramuan herbal dengan cara mencampurkan parutan jahe ke dalam gelas yang sudah berisi dengan air perasan jeruk lemon serta madu murni. Dan pastikan jika anak Anda menyukainya sehingga bisa memberikan minuman jahe dan juga makanan jahe selama waktu yang diperlukan.

Sirup bawang
Mungkin hal ini terdengar agak mengeringan jika dibayangkan. Sirup bawang secara alami akan membantu mengatasi masalah radang tenggorokan, ambillah 3 siung bawang yang sudah dibersihkan dan juga sudah dikupas kulitnya. Setelah itu rebuslah dengan air selama kurang lebih beberapa menit sampai bawang berubah menjadi bubur. Dan kemudian campurkanlah bubur bawang tadi dengan 5 sendok makan air hangat, serta tambahkan dengan madu murni dan air jeruk lemon, aduklah dan obat radang tenggorokan siap untuk diminum.

Madu murni
Obat radang tenggorokan pada balita yang selanjutnya adalah madu murni. Madu murni adalah salah satu obat alami yang baik yang bekerja untuk membantu memberikan kesehatan bagi tubuh dan salah satunya adalah untuk mengatasi radang tenggorokan. Tetapi sayangnya banyak pihak yang masih meragukan keamanan dari pemberian madu memberikan madu murni pada bayi untuk membantu mengatasi masalah radang tenggorokan, ada baiknya jika Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak Anda.


Demikianlah tips mengobati radang tenggorokan pada anak dengan menggunakan resep tradisional yang bisa meminimalisir efeksamping. Cintai-anak anda !!!

0 komentar:

Post a Comment