Mengenal Penyakit Endokrin Pada Anak

Mengenal Penyakit Endokrin Pada Anak - Sistem endokrin adalah sistem kontrol kelenjar tanpa saluran (ductless) yang menghasilkan hormon yang tersirkulasi di tubuh melalui aliran darah untuk mempengaruhi organ-organ lain. Hormon bertindak sebagai "pembawa pesan" dan dibawa oleh aliran darah ke berbagai sel dalam tubuh, yang selanjutnya akan menerjemahkan "pesan" tersebut menjadi suatu tindakan. Sistem endokrin tidak memasukkan kelenjar eksokrin seperti kelenjar ludah, kelenjar keringat, dan kelenjar-kelenjar lain dalam saluran gastroinstestin.

Sistem endokrin terdiri dari sekelompok organ (kadang disebut sebagai kelenjar sekresi internal), yang fungsi utamanya adalah menghasilkan dan melepaskan hormon-hormon secara langsung ke dalam aliran darah. Hormon berperan sebagai pembawa pesan untuk mengkoordinasikan kegiatan berbagai organ tubuh.

Jika kelenjar endokrin mengalami kelainan fungsi, maka kadar hormon di dalam darah bisa menjadi tinggi atau rendah, sehingga mengganggu fungsi tubuh. Untuk mengendalikan fungsi endokrin, maka pelepasan setiap hormon harus diatur dalam batas-batas yang tepat.

Dengan demikian, sistem endokrin mengontrol semua proses yang terjadi dalam tubuh kita, langsung dari pertumbuhan sel untuk mengendalikan perilaku atau suasana hati. Dengan demikian, fungsi sistem endokrin utama, mengatur fungsi jaringan, perkembangan dan pertumbuhan tubuh, metabolisme, peraturan mood, proses reproduksi dan bahkan fungsi seksual. Kelenjar pituitari, hipotalamus, kelenjar tiroid, kelenjar adrenal, kelenjar reproduksi adalah beberapa kelenjar sistem endokrin kami. Semua kelenjar ini mengeluarkan hormon yang berbeda yang mengatur fungsi tubuh yang berbeda.

Gangguan endokrin hanyalah perubahan tingkat hormon tertentu dalam darah. Mereka juga disebut sebagai gangguan hormonal, karena, mereka disebabkan karena ketidakseimbangan hormon. Selama sekresi atau di bawah sekresi hormon apapun menyebabkan gangguan endokrin. Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa hormon terlalu banyak atau terlalu sedikit dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh. Ada beberapa penyebab gangguan endokrin, bisa menjadi masalah autoimun, atau disfungsi dari kelenjar endokrin. Diabetes, hipotiroidisme, hipertiroidisme, dll adalah beberapa penyakit endokrin pada anak-anak. Sekarang, mari kita lihat rinci pada informasi tentang gangguan ini yang terjadi pada anak-anak.

Setiap kelenjar sistem endokrin melepaskan hormon tertentu ke dalam aliran darah. Hormon-hormon ini berjalan melalui darah ke sel-sel lain dan membantu mengendalikan atau mengkoordinasikan banyak proses dalam tubuh.

Gangguan endokrin biasanya dikelompokkan menjadi dua kategori:
  • Penyakit endokrin yang terjadi ketika kelenjar memproduksi terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon endokrin, yang disebut ketidakseimbangan hormon.
  •  Penyakit endokrin karena perkembangan lesi (seperti nodul atau tumor) dalam sistem endokrin, yang mungkin atau tidak dapat mempengaruhi kadar hormon.
Sistem umpan balik endokrin yang membantu mengontrol keseimbangan hormon dalam aliran darah. Jika tubuh memiliki terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon tertentu, sistem umpan balik akan memberikan sinyal kepada kelenjar untuk memperbaiki masalah. Ketidakseimbangan hormon dapat terjadi jika sistem umpan balik ini memiliki kesulitan menjaga tingkat yang tepat dari hormon dalam aliran darah, atau jika tubuh tidak dapat membersihkan mereka dari aliran darah dengan benar.

Peningkatan atau penurunan kadar hormon endokrin dapat disebabkan oleh:
  • Masalah dengan sistem umpan balik endokrin
  • Penyakit
  • Kegagalan kelenjar untuk merangsang kelenjar lain untuk melepaskan hormon (misalnya, masalah dengan hipotalamus dapat mengganggu produksi hormon di kelenjar pituitari)
  • Kelainan genetik, seperti beberapa endokrin meoplasia (MEN) atau hipotiroidisme kongenital
  • Infeksi
  • Cedera kelenjar endokrin
  • Tumor kelenjar endokrin


Kebanyakan tumor endokrin dan nodul (benjolan) bukan kanker. Mereka biasanya tidak menyebar ke bagian lain dari tubuh. Namun, tumor atau nodul pada kelenjar dapat mengganggu produksi hormon kelenjar.

Macam-macam penyakit endokrin

Ada berbagai jenis penyakit pada sistem endokrin. Diabetes adalah penyakit pada sistem endokrin yang paling umum didiagnosis.

Gangguan endokrin lainnya termasuk:

Insufisiensi adrenal
Penyakit ini disebabkan karena kelenjar adrenal merilis terlalu sedikit hormon kortisol dan kadang-kadang, aldosteron. Gejala termasuk kelelahan, sakit perut, dehidrasi, dan perubahan kulit. Penyakit Addison adalah jenis insufisiensi adrenal.

Penyakit Cushing
Kelebihan hormon kelenjar hipofisis menyebabkan kelenjar adrenal terlalu aktif. Kondisi serupa disebut sindrom Cushing dapat terjadi pada manusia, terutama anak-anak, yang mengkonsumsi obat kortikosteroid.

Gigantisme (akromegali) dan masalah hormon pertumbuhan lainnya
Jika kelenjar pituitari memproduksi hormon pertumbuhan terlalu banyak, tulang anak dan bagian tubuh dapat tumbuh dengan cepat. Jika kadar hormon pertumbuhan terlalu rendah, seorang anak dapat mengalami pertumbuhan yang lambat.

Hipertiroidisme
Kelenjar tiroid menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid, yang menyebabkan penurunan berat badan, denyut jantung yang cepat, berkeringat, dan gelisah. Penyebab paling umum untuk tiroid yang terlalu aktif adalah gangguan autoimun yang disebut penyakit Grave.

Hipotiroidisme
Kelenjar tiroid tidak menghasilkan hormon tiroid yang cukup, menyebabkan kelelahan, sembelit, kulit kering, dan depresi. Kelenjar kurang aktif dapat menyebabkan perkembangan melambat pada anak-anak. Beberapa jenis hipotiroidisme hadir pada saat lahir.

Hipopituitarisme
Rilis kelenjar hipofisis sedikit atau tidak ada hormon. Ini mungkin disebabkan oleh sejumlah penyakit yang berbeda. Wanita dengan kondisi ini mungkin berhenti mendapatkan siklus menstruasi mereka.

Multiple Neoplasia Endokrin I dan II (MEN I dan II MEN)
Penyakit ini disebabkan kondisi genetik yang diturunkan melalui keluarga. Mereka menyebabkan tumor dari paratiroid, adrenal, dan kelenjar tiroid, menyebabkan kelebihan hormon.

Sindrom ovarium polikistik (PCOS)
Kelebihan androgen mengganggu perkembangan telur dan pembebasan mereka dari indung telur perempuan. PCOS adalah penyebab utama infertilitas.

Pubertas prekoks (dini)

Abnormal pubertas dini yang terjadi ketika kelenjar memberitahu tubuh untuk melepaskan hormon seks terlalu cepat dalam hidup. Cintai-anak anda !!!

0 komentar:

Post a Comment