Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Anak

www.cintai-anak.blogspot.co.idManfaat Buah Naga untuk Kesehatan Anak - Buah naga atau dikenal secara luas dengan sebutan Dragon fruit adalah buah yang dipercaya oleh masyarakat China sebagai buah Dewa.  Buah yang memiliki bentuk unik dengan sulur yang mirip sisik naga ini kini telah dikenal luas dan dikembangkan secara komersil di Indonesia.  Buah ini masuk pertama kali di Indonesia pada tahun 2000 dan sejak itu buah naga telah merebut perhatian pecinta buah di negara tropis ini.

Di Indonesia sendiri terdapat 4 macam buah naga yang mulai dikembangkan, yaitu Buah naga putih (Hylocereus undatus), Buah naga merah (Hylocereus polyrhizus), buah naga super merah ( Hylocereus costaricencis) dan buah naga kuning (celenicereus megalanthus).  Masing-masing jenis memiliki bentuk dan warna yang berbeda serta keunggulan sendiri-sendiri.  Di antara keempat jenis buah naga, maka buah naga kuning adalah yang paling tinggi kandungan gulanya dengan tingkat kemanisan mencapai 18 briks. Harga jualnya pun sangat tinggi, untuk satu kilogram buah naga kuning kita harus membayar senilai Rp.200.000,-.  Harga yang sangat mahal untuk konsumsi buah.  Namun itulah..harga tidak menjadi sebuah halangan pecinta buah untuk membelinya bila mengingat khasiat yang ditimbulkannya dan sensasi rasanya.

Nutrisi yang terkandung di dalam buah naga di antaranya potasium, ferum, protein, sodium, dan kalsium. Layaknya buah-buahan pada umumnya, buah naga juga kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk proses metabolisme.

Baik buah naga merah ataupun buah naga putih sama-sama memberikan dampak yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin akan menambah kekebalan tubuh dan memberikan zat serta vitamin lain yang bermanfaat bagi tubuh kita. Buah Naga atau Dragon Fruit tidak hanya baik bagi orang dewasa, namun ternyata banyak juga manfaat berlimpah buah naga untuk anak & anak.

Membahas tentang khasiat bagi kesehatan dari buah naga untuk kesehatan, pada artikel ini akan coba saya tuliskan topik yang lebih spesifik mengenai manfaat buah naga untuk anak, yang menjadi banyak pertanyaan bagi para orangtua yang memilki anak adalah apakah buah naga aman di konsumsi oleh anak? umur berapakah anak di perbolehkan mengkonsumsi buah naga? Buah naga yang merah atau yang putih yang lebih baik? Kotoran anak menjadi berwarna merah setelah mengkonsumsinya, apakah itu aman buat anak? apa manfaat buah naga pada anak? dll. Anda jangan bingung, karena semua pertanyaan di atas akan saya coba jawab berdasarkan pengetahuan yang saya peroleh dari membaca. Okey dari pada berpanjang lebar langsung kita masuk dalam pembahasan :

Amankah Buah Naga Untuk anak?

Sistem pencernaan anak sangat lemah sehingga buah-buahan bertekstur kasar tidak di anjurkan untuk asupan si kecil. Buah naga memilki daging yang lunak dan bertekstur lembut, walaupaun memiliki banyak biji tetapi terbukti aman di konsumsi sehingga buah naga tetap aman untuk anak.

Usia Berapakah Anak Boleh Mengkonsumsi Buah Naga?
Sebenarnya yang menjadi tolak ukur umur anak yang aman untuk mengkonsumsi buah naga adalah dengan melihat kondisi si kecil. Apakah ada alergi ataupun tidak. Jika tidak maka buah naga dapat di berikan pada anak yang usianya di atas 8 bulan. Namun beberapa ibu yang memiliki anak telah memberikan anaknya buah naga saat masih berusian 6 bulan. Sekarang tergantung keputusan Anda, akan menggunakan yang 8 bulan atau 6 bulan.

Buah Naga Merah atau Buah Naga Putih?

Kelebihan dari buah naga berdaging putih adalah rasanya yang lebih manis dan menyegarkan, tetapi untuk masalah khasiat buah naga merah yang menjadi juaranya. Beberapa reffrensi mengatakan bahwa bauh naga merah kebih memiliki manfaat dari pada buah naga putih.

Kotoran Anak Berwarna Apakah Aman?
Sebenarnya tidak hanya anak saja yang mengalami hal ini, orang dewasa yang baru mengkonsumsi buah berwarna pekat seperti buah naga merah akan mengeluarkan kotoran yang berwarna kemerah-merahan, namun setelah terbiasa maka akan kembali normal. Jadi jawabannya tidak ada masalah dan aman-aman saja kalau kotoran anak berwaran menyerupai warna buah naga.

Manfaat Buah Naga Untuk Anak Apa?
Salah satu kandungan buah naga adalah karotin yang berfungsi menjaga kesehatan mata anak, kalsiumnya juga berfungsi membantu menguatkan tulang si kecil dan vitamin C buah naga melindungi anak dari radikal bebas, serat buah naga memperlancar pencernaan, protein membantu proses metabolisme perkembangan tubuh dll. Jadi banyak manfaatnya bila di konsumsi oleh anak.

Berikut Ini Kandungan Nutrisi Setiap 100 Gram Buah Naga
0,1-0,5 gram protein
82,5 -89,4 air
0,3-0,9 serat
0,1-0,6 gr lemak
16 - 36,1 mg Fosfor
4 - 25 mg Ascobic Acid
0,28 - 0,043 mg Tiamine
0,005 -0,012 mg karoten
0,2-1,3  mg Niasin
0,043-0,045  mg Riboflavin
6 - 10 mg Kalsium
0,2-0,5 abu
0,3-0,65 mg besi

Kandungan Vitamin Pada Buah Naga
Vitamin C
Vitamin B1
Vitamin B3
Vitamin B12

Tingginya kandungan vitamin dan mineralnya membuat buah ini semakin naik pamornya dan dianjurkan untuk berbagai kalangan usia termasuk anak-anak.  Membiasakan anak untuk mengkonsumsi buah naga sejak dini akan menguatkan sistem imun anak dan membantu meningkatkan daya kerja otak.  Anak menjadi lebih cerdas dan terlindung dari berbagai penyakit. Cintai - anak anda !!!

3 komentar:

  1. Terimakasih infonya sangat bagus dan bermanfaat..
    obat tipes untuk anak

    ReplyDelete
  2. Buah naga merupakan buah yang saya suka namun selama ini belum tahu manfaatnya apa saja. Beruntung ada artikel ni, jadi lebih tahu. Terimakasih sudah berbagi :)
    Jika sempat kunjung balik gan http://www.tipsbaru.com/

    ReplyDelete