Kenali alergi anak sejak dini

Batuk, pilek, gatal-gatal, demam, sakit perut dan lain sebagainya merupakan keluhan gangguan kesehatan anak yang dianggap biasa bagi sebagian besar orangtua. Tanpa mereka sadari, keluhan tersebut sebenarnya gejala adanya alergi anak yang nantinya akan terus anak rasakan sepanjang usianya jika tidak segera diatasi. Maka dari itu, sudah sangat penting jika orangtua mulai peka terhadap perubahan anak yang menunjukan gejala alergi. Termasuk menyediakan obat alergi untuk memberikan pertolongan cepat.

Penyebab alergi anak bervariasi. Pada alergi pada bayi, penyebabnya adalah respon sistem kekebalan yang berlebihan sehingga muncul gejala alergi. Sementara alergi yang ditunjukan dengan sakit perut bisa jadi karena system pencernaannya belum terbentuk sempurna. Demikian juga dengan alergi jenis lainnya.

Diungkapkan oleh Dr. Widodo Judarwanto, SpA, dari Allergy Behaviour Clinic, secara garis besar, alergi anak disebabkan oleh 3 hal : keturunan, paparan penyebab alergi itu sendiri dan saluran cerna yang belum terbentuk dengan baik. Jika anak dengan bakat alergi tidak segera mendapatkan penanganan dengan baik, maka sepanjang usianya juga akan mengalami alergi meskipun dengan gejala yang berbeda.Sekarang, terdapat tes alergi yang bisa dilakukan di klinik-klinik kesehatan untuk mengetes alergi anak. Di dunia kedokteran tes alergi tersebut dikenal dengan sebutan double blind placebo control food challenge (DBFCFC).

Antara gejala alergi dan gangguan kesehatan anak ringan seperti flu memang tidak bisa dibedakan secara signifikan. Karena keduanya memiliki gejala yang hampir sama : hidung meler, mampet, batuk disertai pusing kepala. Normalnya, flu akan sembuh dalam waktu kurang lebih satu minggu. Tapi, lebih dari batas waktu tersebut dan anak masih merasakan gejala flu, bisa jadi hal tersebut merupakan indikasi alergi yang menyerang pernafasan atas. Sementara suara mirip siulan pada anak saat tertidur bisa menunjukan adanya alergi saluran pernafasan bawah.


Agar kesehatan anak terus bisa terjaga dengan baik, termasuk mencegah alergi anak, orangtua harus bertindak cepat apabila muncul gejala-gejala alergi, meskipun hal tersebut mirip dengan gangguan kesehatan anak. Demikianlah tadi ulasan singkat kita mengnai Kenali Alergi Anak Sejak Dini Kenali Alergi Anak Sejak Dini, semoga bisa memberikan informasi dan menambah wawasan. Semoga bermanfaat, Terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment