Pengaruh kasih sayang ibu untuk anak

Masih ingat lirik lagu Kasih Ibu yang selalu dinyanyikan oleh ibu-ibu muda. Sepenggal liriknya berkata kasih ibu sepanjang masa. Hal tersebut memang benar adanya. Karena kasih ibu tidak hanya berhubungan dengan kedekatan jiwa dan psikologis tapi juga kesehatan anak .

Kasih ibu memiliki pengaruh besar bagi perkembangan anak, kesehatan jantung, kecerdasan dan bahkan kehidupan seksual anak. Hal tersebut diungkapkan oleh Allan Schore, profesor dan psikiater UCLA. Dilansir dari Everyday, Allan mengungkapkan bahwa “Hubungan pertama si anak adalah dengan ibu yang bisa mempengaruhi hubungan emosional di kemudian hari,". Selanjutnya, teori tersebut diteliti lebih luas dan hasil penelitian sangat mengjutkan. Secara garis besar, kasih sayang mempengaruhi kesehatan anak. Apa saja manfaat dari kasih sayang ibu?

•    Kehidupan Seks lebih Sehat
Anak perempuan yang memiliki kedekatan emosional dengan ibunya akan memiliki kehidupan seks yang lebih sehat. Hal tersebut karena seiring perkembangan anak, kasih sayang ibu akan menuntun anak untuk mengerti bagaimana sebuah kehidupan seksual yang benar dengan sesuatu yang lebih bijak. Berbeda dengan seorang ibu yang cenderung cuek, anak akan lepas dari pantauan. Bukan hal yang tak mungkin jika nantinya anak akan mengenal seks bebas.
•    Kesehatan Anak Jauh Lebih Baik
Saat ibu menyalurkan kasih sayang kepada anaknya, kesehatan ibu anak terjaga dengan baik. Tidak hanya pada saat anak berusia belia hingga masa pertumbuhan. Saat usia setengah baya, anak juga jauh lebih sehat dan kesehatan ibu juga terjaga. Hal tersebut berhubungan dengan tingkat stress yang lebih rendah sehingga resiko penyakit sindrom metabolic dapat diturunkan.
•    Mencukupi Nutrisi Otak Anak
Penelitian yang dilakukan kepada sekelompok anak berusia 7 – 10 tahun mendapatkan hasil bahwa anak yang mendapatkan kasih sayang ibu memiliki perkembangan otak hippocampus yang jauh lebih besar dan baik. Bagian ini merupakan bagian otak yang berhubungan dengan pembelajaran, sehingga anak akan mendapatkan prestasi akademis gemilang.
•    Resiko Obesitas Rendah
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ohio State University menungkapkan, anak-anak yang memiliki hubungan buruk dengan ibu di usia remaha memiliki resiko oebesitas tinggi. Dengan demikian, jika ibu mencurahkan kasih sayang kepada anak dengan baik, resiko obesitas pun dapat diturunkan. Kesehatan anak juga jauh lebih baik.

Demikianlah ulasan kita kali ini tentang Kasih Sayang Ibu Pengaruhi Kesehatan Anak, semoga bisa memberikan informasi dan menambah wawasan.  Anak merupakan sebuah titipan yang sudah sewajibnya disayangi dan dipelihara dengan baik. Ketika kesehatan anak terganggu, tidak hanya anak yang merasakan, Anda sebagai ibu juga akan merasakannya.

0 komentar:

Post a Comment