Manfaat buah alpukat untuk anak

Salah satu jenis buah yang kaya akan nutrisi adalah buah alpukat. Alpukat adalah jenis buah yang menyehatkan dan banyak mengandung vitamin juga kalium yang sangat baik untuk tumbuh kembang anak. Dan ternyata buah alpukat mempunyai kandungan kalium yang lebih banyak dari buah pisang. Buah pisang hanya memiliki 487 mg kalium, sementara  dalam satu biji buah alpukat terkandung 975 mg kalium.

Lalu apa saja manfaat dari kandungan gizi dalam buah alpukat? Berikut ini kandungan yang terdapat dalam buah alpukat:

Kalium, manfaatnya yaitu untuk menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh anak, kalium sangat penting bagi sistem saraf dan kontraksi otot, kalium juga dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom , yang berfungsi sebagai pengendali detak jantung, fungsi otak, dan proses fisiologi penting lainnya.
Lutein, fungsinya yaitu untuk mencegah katarak dan penyakit mata lainnya. Selain itu dapat menjaga fungsi mata pada anakVitamin E, alpukat juga kaya akan kandungan vitamin E dimana bermafaat dalam menjaga kesehatan kulit.Glutathione, mampu menjaga kekebalah tubuh anak.
Vitamin B6, sangat baik untuk pembentukan sel darah merah.
Omega 3 (asam Linolenat), seperti kita ketahui bahwa omega 3 merupakan nutrisi yang baik dalam perkembangan otak anak.

Disamping banyaknya manfaat dan kandungan gizi dalam buah alpukat, tekstur buah alpukat empuk/lunak sehingga mudah dicerna oleh anak-anak. Tetapi kadang-kadang anak-anak kurang menyukai bauh alpukat kalau dimakan secara langsung karena rasanya yang hambar dan warnanya pun kurang menarik. Hal ini bisa disiasati oleh kita sebagai orangtua. Kita bisa membuat jus alpukat dengan sedikit dikasih madu, susu atau gula. Dan sajikan dengan menarik agar anak tertarik untuk memakannya.

Alpukat bisa kita perkenalkan kepada si kecil sejak usia 6 bulan, karena teksturnya yang lembut dan seperti krim jika dilumatkan. Selain jenis MPASI lain, kita bisa memberikan variasi alpukat yang dilumatkan dikombinasikan dengan buah dan bahan yang lain misalnya saja buah pir, pisang, ataupun yoghurt sebagai makanan selingan.


Sudahkan anda memberikan buah alpukat pada anak anda? Setelah melihat Kandungan dan Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Anak, rajinlah anda memberikan buah alpukat kepada si kecil. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment