Mengatur pola makan anak

Mengatur pola makan anak - Sebagai orangtua mungkin anda akan merasa bangga ketika melihat si bayi tubuh dengan sehat. Berikan kebiasaan baik pada anak anda dengan memberikan pola makan sehat, jika anak anda memiliki nafsu makan yang besar? Atur pola makannya ya. Aktivitas fisik anak tidak terlalu menuntutnya untuk mendapat asupan kalori lebih banyak. Risikonya, anak akan mengidap masalah makan atau obesitas.

Untuk mencegahnya, kata Dr. Lynn McIntyre, profesor di bidang nutrisi dari University of Calgary, Kanada, orang tua harus membantu anak belajar mengatur nafsu makan berdasarkan sinyal-sinyal yang disampaikan tubuhnya. Caranya adalah:
  1. Makan ketika lapar. Jika kelihatannya anak minta makan hanya karena bosan, lelah, atau tegang, bantulah dia menemukan cara lebih baik untuk menghadapinya. Misalnya dengan menga-jar bicara, bercanda, menyanyi, dll. Lebih baik, mulailah mengajari sebelum dia minta makanan.
  2. Jangan gunakan makanan sebagai hadiah, suap, atau alat penenang. Jika Anda memerlukan sesuatu untuk menyulut semangat si kecil, lebih baik gunakan mainan atau pujian yang bisa membesarkan hatinya.
  3. Tepati jadwal makan. Anak-anak yang terlalu lapar biasanya akan makan jauh lebih banyak daripada porsi normalnya.
  4. Berikan contoh baik. Anak-anak akan mengikuti contoh yang dilihatnya sehari-hari. Jika Anda terbiasa ngemil sepanjang waktu, jangan heran bila anakpun melakukannya.

Selain itu atur juga pola makannya sebagai berikut:

Makan Sayuran
Buah memang jadi salah satu makanan yang paling mudah untuk disajikan terutama untuk anak, apalagi dengan rasanya yang manis. Lain halnya dengan sayuran, yang perlu sedikit persiapan untuk menyajikannya. Triknya adalah, coba sajikan setiap makanan dengan sayuran. Sajikan dengan tampilan yang menarik, setelahnya jangan lupa sajikan buah juga ya!

Waktu Tidur
Tidur jadi salah satu elemen penting juga, lho! Terutama dalam masa pertumbuhannya. Coba untuk buat waktu tidur dan bangun yang rutin untuknya ya. Pengaturan jadwal tidur ini berguna untuk mendapatkan kualitas tidur sempurna. Waktu tidur malam yang sempurna adalah salah satu cara mudah untuk membantu memerangi obesitas, lho!

Hindari Fast Food
Ya, walaupun kita tahu fast food akan jadi alternatif makanan yang mudah disajikan saat kegiatan lagi super padat dan Si Kecil pasti juga akan lebih tertarik dengan makanan siap saji ini. Ingat ya, selain nutrisi yang ada didalam fast food itu kurang, kandungan pengawet di dalam fast food juga nggak baik untuk tubuh. Coba alternatif ini, bekukan makanan yang kamu olah sendiri seperti ayam yang telah dibumbui, setelahnya bisa langsung kamu goreng. Praktis kan.

Minum air putih
Kebanyakan anak kecil, memperoleh kalori dari konsumsi makanan manis, lho! Termasuk minum terlalu banyak jus. Ya, walaupun jus baik karena terbuat dari buah-buahan, kandungan gula dalam jus itu bisa langsung masuk ke aliran darah dan ini kurang baik, lho! Utamakan untuk selalu memberikan air putih di setiap aktivitasnya, mulai dari makan sampai mengisi botol seklolahnya. Siasat lainnya adalah dengan menambahkan beberapa potongan buah dalam air putihnya. Minta Si Kecil untuk memilih buah apa yang diinginkannya.


Demikianlah cara mengatur pola makan anak, agar tidak menjadi pola makan yang salah yang bisa manimbulkan obesitas pada anak. Cintai-anak anda !!!

0 komentar:

Post a Comment