Cara Mempercepat Pertumbuhan Rambut Pada Anak

www.cintai-anak.blogspot.co.idCara Mempercepat Pertumbuhan Rambut Pada Anak - Rambut anak sehat alami, rambut yang menambah kesan imut pada anak, menjadi idaman setiap orang tua. Namun tidak semua bayi memiliki rambut yang tebal pada saat baru lahir. Rata-rata ketika bayi di lahirkan ke dunia ini belum ditumbuhi rambut secara lebat. Hal ini juga bisa dipengaruhi oleh faktor genetik secara turun-menurun dari kakek-nenek hingga kedua orangtua bayi.

Dengan kata lain, apabila riwayat kesuburan rambut kakek-nenek hingga kedua orangtuanya tidak terlalu tebal atau cenderung tipis, maka kemungkinan besar hal tersebut juga bisa menurun pada bayi.
Bahkan ada yang mengalami kerontokan rambut di bulan-bulan awal melahirkan. Hal ini membuat sebagian orang tua merasa cemas. Sebenarnya, orang tua tidak perlu khawatir karena pada saat baru lahir, anak memiliki rambut yang disebut rambut velus. 

Rambut ini akan gugur dengan sendirinya hingga usia bayi Anda 3 bulan. Jadi, Anda tidak perlu panik jika mendapati rambut anak Anda banyak yang rontok pada rentang usia tersebut. Setelah rambut velus rontok, akan tumbuh rambut baru. Rambut ini tidak selalu tumbuh sehat alami. Kadang tipis, kadang lebat. Tumbuhnya pun kadang tidak merata atau botak pada beberapa bagian. Anda harus mengetahui penyebab rambut bayi Anda tidak sehat alami. Anda harus menyelidiki apakah di keluarga besar Anda atau suami ada yang pernah mengalami hal demikian.

Tak sedikit orang tua yang mempercayai bahwa dengan mencukur habis rambut bayi akan membuat rambut bayi menjadi lebih tebal. Akan tetapi, hal tersebut bisa saja kebetulan rambut bayi tumbuh kembali dengan keadaan yang tebal. Namun, tak jarang juga rambut yang tumbuh lagi masih dalam keadaan tipis. Sebenarnya, ada beberapa faktor di samping tips merawat rambut bayi agar tumbuh lebat seperti faktor makanan bergizi, faktor genetik dan lain sebagainya. Merawat rambut bayi sendiri berbeda dengan merawat rambut orang dewasa karena kekuatan rambut dan kulit kepala orang dewasa tentu lebih kuat dibandingkan bayi yang masih rentan. Maka dari itu, membutuhkan beberapa perhatian secara khusus agar rambut bayi bunda lebih tebal dan sehat.

Cara Merawat Rambut Bayi Agar Lebat

Agar rambut bayi menjadi lebih lebat dan tebal, maka bunda harus memperhatikan beberapa cara merawat rambut bayi agar lebat berikut ini:
1. Perhatikan asupan gizi bayi bunda
Hal pertama yang harus diperhatikan agar rambut bayi bunda lebih tebal dan lebat adalah dengan memperhatikan asupan gizi penting bunda pada makanan yang dikonsumsi. Jika bayi bunda masih menyusui ASI, maka sebaiknya bunda yang harus mengkonsumsi makanan-makanan bergizi, seperti banyak mengkonsumsi asupan serat, vitamin dan zat besi untuk kesehatan rambut bayi bunda. Nah, jika bayi bunda sudah mendapatkan MPASI, maka bunda bisa menambahkan makanan yang membuat rambut bayi bunda lebih sehat seperti ikan, susu, telur, buah-buahan dan sayuran. Faktor makanan inilah yang berpengaruh pada kesehatan dan kesuburan rambut bayi bunda.

2. Potong rambut bayi
Meskipun banyak yang bilang dengan sering memotong rambut bayi, maka rambut akan lebih tebal dan lebat. Akan tetapi anggapan tersebut tidak selamanya benar. Faktor ketebalan rambut selebihnya ditentukan oleh faktor keturunan. Meskipun begitu, kegiatan memotong rambut bayi bisa digunakan sebagai cara untuk mendapatkan kulit kepala yang lebih bersih dari kotoran maupun kerak yang biasanya menempel di kulit kepala si kecil.

3. Aplikasikan minyak kemiri
Tips merawat rambut bayi agar tebal berikutnya adalah cukup dengan mengoleskan minyak kemiri pada kulit kepala bayi bunda. Minyak kemiri, bisa didapatkan dengan cara menumbuk beberapa biji kemiri yang sudah digarang atau di sangrai sedikit gosong, kemudian dimasukkan ke dalam kain dan peras hingga mengeluarkan minyak. Nah, kain inilah yang nantinya digosok secara perlahan pada kulit kepala bayi bunda. Cara alami ini bisa menjadi cara efektif untuk mendapatkan rambut yang lebih tebal.

4. Aplikasikan madu
Bunda juga bisa mengaplikasikan madu asli untuk dioleskan pada kulit kepala bayi untuk mendapatkan rambut yang tebal dan lebat. Cara ini memang sudah banyak digunakan oleh orang di zaman dulu karena secara alami bisa menyehatkan dan menyuburkan rambut.

Ya, itulah beberapa tips merawat rambut bayi agar tumbuh lebat dengan cara alami yang aman untuk bayi bunda. Semoga bermanfaat! Cintai-anak anda !!!

0 komentar:

Post a Comment