Tips Memilih Sekolah yang Terbaik untuk Anak

www.cintai-anak.blogspot.co.idTips Memilih Sekolah yang Terbaik untuk Anak - Sudah ancang-ancang memasukkan si kecil ke sekolah tahun ini? Atau mungkin Anda malah sudah punya sekolah pilihan untuknya? Atau malah justru masih kebingungan mengingat begitu banyaknya penawaran sehingga para orang tua belum menentukan kemana akan menyekolahkan anaknya. 

Namun hal itu wajar terjadi sebab orang tua menginginkan pendidikan yang terbaik bagi anaknya. Termasuk memilih sekolah mana yang tepat, sebab sekarang ini pendidikan pra sekolah atau TK sering dianggap sangat penting hingga disejajarkan dengan pendidikan formal lainnya.

Sebelum anak memasuki SD (Sekolah Dasar), pada umumnya orang tua yang anaknya masih berusia 4 tahun hingga 6 tahun akan mengajak anaknya untuk bersekolah di Taman Kanak-kanak. Taman Kanak-kanak ini sering disebut pendidikan prasekolah. 

Hal ini terbukti bahwa TK dapat menjadi perantara antara keluarga serta SD (Sekolah Dasar) serta dapat membentuk bagaimana karakter serta kepribadian anak tersebut. Taman Kanak-kanak itu sendiri sangat berkontribusi bagi anak yang mengikuti kelas di TK, hal ini juga bisa menjadi dasar yang baik bagi anak ketika hendak memasuki pendidikan yang formal seperti SD.

Terdapat pandangan baru mengenai pendidikan yang tepat untuk anak. Pendekatan cara belajar aktif, yang tidak menekankan pada tes saja, dan merangsang rasa ingin tahu anak menjadi lebih penting karena anak-anak membutuhkan sekolah yang mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya, sehingga memilih sebuah lembaga pendidikan yang pantas dan layak untuk anak kita adalah hal yang penting.

Agar anda tidak kebingungan dalam memilih TK yang tepat bagi anak anda sebaiknya anda memperhatikan beberapa tips berikut ini:
  1. Perhatikan kualitas guru yang ada pada Taman Kanak-kanak, kualitas guru tidak hanya harus menyandang gelar sarjana, namun guru Taman Kanak-kanak harus mempunyai kemampuan dalam memancing anak agar ia dapat aktif dalam berkreasi, serta guru juga harus bisa merangsang bagaimana rasa keingintahuan anak. Selain itu perhatikan juga jumlah guru yang ada. Setidaknya dalam satu kelas ada dua orang guru yang dapat membantu anak dalam kegiatan di dalam kelas.
  2. Pilihlah sarana serta fasilitas yang ada di TK. Sesuaikan dengan apa yang di butuhkan oleh anak, hal ini dapat mengembangkan kebutuhan sistem motorik, kognitif, sosial maupun emoasi anak. Bukan bangunan yang mewah yang menjadi patokan namun kebersihan, keamanan serta manfaat itu sendiri.
  3. Pertimbangkan lokasi sekolah serta tatanan sekolah yang cukup aman. Pilih jarak tempuh kurang lebih 15 menit dari rumah anda agar anak anda tidak terlalu kecapean ketika sampai di sekolah.
  4. Perhatikan beberapa persyaratan, kebijakan hingga aturan sekolah tersebut. Pilih sekolah dengan syarat penerimaan atau uang masuk sekolah yang masih masuk di akal. Tanyakan bagaimana program sekolah yang ditawarkan. Serta apakah beban pelajaran yang guru berikan telah mempertimbangkan kondisi anak ataukah belum.
  5. Pilih sekolah yang menekankan terhadap prinsip seperti belajar itu sangat menyenangkan dan mengajarkan anak bahwa belajar itu merupakan sebuah proses, bukan terpaku pada nilai atau hasil akhir.
  6. Perhatikan juga waktu belajar bagi anak anda setiap harinya. Pilih waktu belajar yang menyenangkan, buat anak anda agar tidak mudah bosan.
  7. Sebelum anda memutuskan sebaiknya anda melakukan beberapa survei langsung pada beberapa sekolah untuk menjadi pilihan. Sebaiknya anda juga mempertimbangkan beberapa sekolah yang direkomendasikan dari keluarga ataupun kerabat anda. Sesuaikan minat serta kemampuan anak anda dengan berbagai program yang ada di sekolah tersebut.
Dengan begitu giliran anda yang menentukan sekolah mana yang paling baik bagi anak anda. Jika pilihan anda masih ada 2 sekolah hingga 3 sekolah, sebaiknya anda membuat daftar berisi tentang penilaian setiap sekolah, serta tuliskan juga kekurangan serta kelebihan dari sekolah masing-masing. Cintai-anak anda !!!

0 komentar:

Post a Comment